Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen, perusahaan dagang biasanya memberikan jaminan-jaminan tertentu. Salah satunya adalah pemberian kesempatan untuk mengembalikan barang jika barang tidak memuaskan (barang cacat/rusak dalam pengiriman, atau sebab lain sehingga konsumen tidak puas). Atau mendapat potongan harga yang disebut potongan penjualan. Dan itu dapat dicatat dengan jurnal berikut:
                Retur dan potongan penjualan                  xxx
                                Piutang dagang                                                 xxx
Rekening retur penjualan selalu didebet bila terjadi pengembalian barang oleh konsumen. Rekening yang harus dikredit untuk mencatat transaksi retur penjualan, tergantung apakah konsumen mendapat pengembalian uang atau pengurangan rekeningnya. Dalam jurnal diatas, dimisalkan bahwa konsumen mendapat penguranga atas rekeningnya. Akan tetapi, jika seandainya perusahaan memberikan pengembalian yuang kepada konsumen, maka jurnalnya:
                                Retur dan potongan penjualan                  xxx
                                                Kas                                                                         xxx

Comments (0)