Untuk memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen,
perusahaan dagang biasanya memberikan jaminan-jaminan tertentu. Salah satunya
adalah pemberian kesempatan untuk mengembalikan barang jika barang tidak memuaskan
(barang cacat/rusak dalam pengiriman, atau sebab lain sehingga konsumen tidak
puas). Atau mendapat potongan harga yang disebut potongan penjualan. Dan itu
dapat dicatat dengan jurnal berikut:
Retur dan potongan penjualan xxx
Piutang
dagang xxx
Rekening retur penjualan selalu didebet bila terjadi
pengembalian barang oleh konsumen. Rekening yang harus dikredit untuk mencatat
transaksi retur penjualan, tergantung apakah konsumen mendapat pengembalian
uang atau pengurangan rekeningnya. Dalam jurnal diatas, dimisalkan bahwa
konsumen mendapat penguranga atas rekeningnya. Akan tetapi, jika seandainya
perusahaan memberikan pengembalian yuang kepada konsumen, maka jurnalnya:
Retur
dan potongan penjualan xxx
Kas xxx
21.38 |
Category: |
0
komentar
Comments (0)