Dari table diatas perbedaan antara sistem pencatatan secara fisik dengan sistem pencatatan secara perpectual  antara lain:
  • Transaksi pembelian dalam sistem fisik menggunakan akun pembelian sedangkan sistem perpectual menggunakan akun persediaan barang.
  • Transaksi penjualan dalam sistem fisik hanya menjurnal transaksi penjualan sesuai harga jualnya, sedangkan dalam sistem perpectual disamping menjurnal penjualan juga dijurnal harga pokok dari barang tersebut, dan jumlah persediaan barang yang berkurang.
  • Dalam sistem fisik tidak diketahui berapa laba kotor dari transaksi penjualan, sedangkan dengan sistem perpectual diketahui laba kotor penjualan dengan cara mengurangi harga jual dengan harga pokoknya.
  • Nilai persediaan barang dalam sistem fisik adalah tetap sesuai nilai persediaan awalnya, sedangkan pada sistem perpectual nilainya selalu berubah setiap adanya mutasi barang.
  • Dalam sistem fisik pada akhir periode akuntansi akan dibuat jurnal penyesuaian untuk menutup nilai persediaan awal dan membuka persediaan akhir. Sedangkan pada sistem perpectual tidak perlu ayat penyesuaian (kecuali ada barang hilang atau rusak
  • Metode ini sudah mulai ditinggalkan karena secara jelas tidak mendukung integrasi system dimana, sepanjang peridode akuntansi berjalan tidak tersedia data mengenai  posisi persediaan. Hal ini menyebabkan data bagian akuntansi kurang mendukung  operasional. Laporan neraca  dan rugilaba tidak akan dapat dibuat sebelum nilai persediaan diketahui.

Comments (0)