Apabila penjualan dilakukan secara kredit, maka syarat pembayaran diwaktu yang akan datang harus jelas dan dicantumkan dalam faktur penjualan, sehingga kedua belah pihak mengerti berapa jumlah yang harus dibayar dan kapan pembayaran harus dilakukan. Syarat-syarat penjualan dinyatakang dalam symbol:
  1. n/30(net singkatan dari netto), yang artinya keseluruhan harga faktur harus dibayar dalam waktu 30 hari sesudah tanggal faktur.
  2. n,10/EOM (EOM artinya end of month atau akhir bulan), yang artinya faktur harus dibayar 10 hari sesudah akhir bulan, dihitung dari bulan yang tertulis dalam faktur.
Apabila jangka waktu kredit yang diberikan cukup panjang, perusahaan biasanya menawarkan potongan tunai untuk merangsang agar pembeli mau membayar secepatnya. Misalnya:
  1. 2/10, n/30 berarti
    1. Pembeli mendapat potongan 2% dari harga faktur bruto, jika pembayarannya dilakukan dalam waktu 10 hari sesudah tanggal faktur.
    2. Menunda dan membayar penuh seluruh harga faktur bruto pada setiap waktu yang dikehendaki sesudah lewat 10 hari, tetapi tidak melewati 30 hari.
  2. 2/EOM, n/60 berarti:
    1. Pembeli dimungkinkan mendapat potongan 2% dari harga faktur bruto, jiak ia membayar tidak melewati akhir bulan.
    2. menunda dan membayar penuh seluruh harga faktur bruto pada setiap waktu yang dikehendaki setelah lewat akhir bulan, akan tetapi tidak lebih dari 60 hari sejak tanggal faktur.

Comments (0)